Monday, November 5, 2012

Membuat Blog di Blogspot

Tutorial ini mungkin sudah sangat usang, tapi karena kemarin ada teman yang bertanya bagaimana membuat blog di blogspot, yah ada baiknya tutorial ini saya tulis. Salah satu penyedia Blog yang cukup populer saat ini adalah Blogspot atau Blogger. Kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih Hidup karena hasil kreasi sendiri.


Berikut cara-cara membuat Blog di Blogspot /Blogger :


1. Ketikkan alamat http://www.blogger.com pada address bar browser sobat.



2. Jika alamat yang sobat ketik benar maka akan muncul halaman utama blogger.com. Silahkan tukar bahasanya dengan Bahasa Indonesia. Kemudian klik tombol BUAT BLOG.

3. Ketikkan email anda pada kotak yang tersedia.




4. Masukkan password email sobat. Nama tampilan berarti nama website (untuk selanjutnya akan disebut blog) yang akan sobat buat, yang akan selalu tampil di bagian atas (header) blog sobat nanti. Pastikan sobat mengisi kotak Verifikasi Kata dengan tepat sesuai karakter yang muncul (lihat tulisan berwarna merah) . Kemudian klik tombol LANJUTKAN.


5. Akan muncul halaman verifikasi akun sobat. Ketikan nomor HP sobat pada kotak kosong yang tersedia. Kemudian klik tombol Kirim kode verifikasi ke ponsel sobat.




6. Tunggu beberapa saat hingga pesan (sms) google terkirim ke HP sobat. Ketikkan kode verifikasi yang terkirim pada HP sobat di kotak Masukkan kode. Kemudian klik tombol Verifikasi. 




7. Pada kotak kosong pertama isi nama blog sobat. Pada kotak kosong kedua isi alamat blog yang sobat inginkan Alamat ini akan menjadi alamat blog sobat untuk seterusnya. Jika sudah diketik, tekan tombol cek ketersediaan. Google akan mencek apakah alamat yang sobat ketik tersedia atau tidak. Jika tidak, ulangi langkah yang sama, sampai sobat temukan nama yang tersedia. Kemudian klik tombol LANJUTKAN. 




8. Pilih sebuah template (disain tampilan blog) yang sobat inginkan, dengan cara mengklik lingkaran putih kecil. Kemudian klik tombol LANJUTKAN. 




9. Sekarang sobat sudah berhasil membuat sebuah blog. Sobat bisa langsung masuk ke halaman pengaturan (dapur) blog sobat. Klik tombol MULAI BLOGGING. 



10. Inilah dapur blog sobat (blogger menyebutnya halaman dasbor). Hanya sobat sendiri yang bisa masuk ke halaman ini (kecuali passwordnya sobat sebarkan pada orang lain). Di sinilah tempat sobat mengutak-atik blog sobat, mulai dari menerbitkan tulisan, mengisi biodata, mengatur warna tulisan, memberi gambar, video, tata letak, dan masih banyak lagi.









11. Setiap selesai bekerja dihalaman dasbor pastikan sobat menutupnya kembali. Jika tidak blog sobat bisa diutak atik dan disalahgunakan orang lain. Caranya klik menu Keluar.





12. Selamat! Sekarang sobat sudah punya sebuah blog, yang bisa dibuka dengan alamat: http://www.NAMABLOGSOBAT.blogspot.com. Sedangkan untuk mengelolanya sobat tetap harus masuk melalui http://www.blogger.com. Tentunya dengan mengisi kotak email dan password yang tersedia. 
Itu tadi langkah-langkah pembuatan blog dengan menggunakan fasilitas blogspot, untuk temen saya yang tanya semoga sudah jelas ya.




 

Newer Post Home

1 comments:

Post a Comment